• Cara Membuat Sad Papercraft Man

     Kamu pasti sudah pernah liat kan papercraft sad man yang lucu, kotak, menggemaskan itu? Kalaupun belum tau, nati saya akan pajang gambar-gambarnya. Papercraft merupakan kerajinan dari kertas/kardus yang dibetuk dan dilipat-lipat sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk yang lucu dan menarik. Yang saya bahas kali ini haya papercraft bentuk sad man saja. Sad man merupakan tokoh yang cenderung bermuka galau. Ini adalah beberapa gambar galau dari si sad man itu sendiri.



    Lucu bukan?
    Papercraft merupakan turunan dari Seni melipat kertas seperti Origami, sedangkan origami adalah proses pembuatan kertas dengan melipat kertas tanpa menggunakan lem tetapi dalam pembuatan papercraft ada menyangkut menggunting kertas, menempel kertas dan melipat kertas. Setiap kertas yang telah di guting kemudian di lipat dan di rekatkan menggunakan lem. Papercraft lebih populer di negara Eropa dan Jepang di bandingkan di Amerika Serikat. (sumber)

    Selain sebagai hiasan rumah Anda, ternyata papercraft juga bisa untuk meningkatkan kreatifitas anak ataupun Anda sendiri. Selain itu papercraft juga melatih kesabaran serta tingkat kontrol emosi dan melatih tingkat stress Anda. Semakin sering mengerjakan papercraft maka semakin kreatif pikiran Anda dan semakin terjaganya kestabilan emosi Anda.

    Papercraft ada yang memodelkan tokoh-tokoh atau karya asli buatan orang Indonesia sendiri, ada juga Papercraft yang sengaja di modelkan secara lucu atau bahkan aneh dan unik yang sengaja di buat agar berbeda dengan bentuk / model yang lain yang bertujuan untuk menarik wisatawan lokal & dunia.
     
    Lalu apakah kita dapat membuat Papercraft ? Tentu saja Ya, ada beberapa cara membuat Papercraft tapi intinya membuat Papercraft harus mempunyai rancangan dan daya imajinasi yang bagus agar dapat menwujudkan model yang baik. Salah satu cara membuat Papercraft adalah dengan cara online dari situs Papercritters.com sehingga kita dapat membuat model Papercraft secara sederhana berbentuk kotak dengan mudah.

    Lalu kita juga dapat menggunakan program khusus yaitu pepakura designer yang dibuat untuk mendesign pola-pola sesuka kita. Selain itu kita juga dapat menggunakan program – program seperti 3D MAX, google sketchup, dan sebagainya.

    Nahh, sekarang bagaimana cara membuatnya?
    Saya searching di google dan baru dapat polanya saja. Ukuran-ukurannya belum dapet. Mungkin bagi yang tau mohon dishare.
    berikut polanya :

     
    Perlengkapan yang butuhkan untuk membuat papercraft:

    1. Gunting : alat dasar dalam membuat papercraft
    2. Tracer : Alat ini digunakan untuk membuat pola tekukan sehingga kertas mudah dilipat.
    3. Cutter : Alat untuk memotong bagian pola
    4. Stylus cutter / Cutter pen : fungsi ini sama dengan cutter, hanya saja Stlyus cutter bentuknya seperti pen, dan pisaunya kecil, bagus untuk memotong bagian yang kecil
    5. Cutting mat : alat untuk menjaga keawetan mata pisau cutter, dan berguna sebagai alas cutter
    6. Lem : ada banyak jenis lem, tetapi yang paling disarankan yaitu : lem UHU, FOX, dan super glue
    7. Printer : untuk print pola papercraft, disarankan memakai printer laser, karena warnanya lebih bagus dan tidak cepat pudar. Tapi bisa juga dengan membuat pola menggunakan tangan.
    8. Kertas khusus : kertas yang disebut bukan kertas biasa, kertas yang digunakan harus mempunyai ketebalan yang cukup tebal, agar dapat menciptakan tekukan yang bagus.
    Kertas – kertas yang di digunakan dalam papercraft diharuskan mempunyai ketebalan yang berkisar dari 100gr – 200gr keatas. Berikut adalah jenis-jenis kertasnya :
    * InkJet Paper
    * Silky Photo Paper
    * Glossy Photo Paper
    * Premium Glossy Photo Paper
    * Matte Photo Paper
    * Briefcard Paper
    * Concorde Paper


  • 2 komentar:

    Riki Rukmana mengatakan...

    matab gan... lumayan keran..

    Esti Des mengatakan...

    thx gan

    Diberdayakan oleh Blogger.

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    Bandung City, Indonesia

    EMAIL

    edestikarani@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 5006 9490

    LINE

    estides