• Penyakit yang Terjadi Dalam Mulut


    Ternyata mulut perlu perhatian khusus. Virus, bakteri, fungi dapat menyerang mulut. Dunia terasa hambar dan seperti menghindar untuk bertemu ketika mulut bermasalah. Jadi, waspadalah terhadap penyakit mulut. Sariawan yang kadang dianggap biasa bisa merupakan indikasi dari penyakit mulut yang lebih parah atau bisa jadi peringatan karena kurang vitamin tertentu.
    Berikut ini bebrapa penyakit mulut yang perlu diwaspadai:

    1.    Bau mulut adalah penyakit ketidakseimbangan asam dalam mulut.
    Bau mulut bisa menjadi indikasi akan penyakit kronis lainnya, seperti; penyakit organ dalam, penyakit ginjal, liver, jantung, diabetes, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya. Juga dapat disebabkan karena masalah yang ada di mulut, gigi berlubang, karang gigi / karies, dan lain sebagainya .Tanda terjadi bau mulut akibat terganggunya keseimbangan asam mulut seperti alir liur kental, mulut kering dan rasa tidak nyaman bicara, lawan bicara akan terlihat gelisah dan mengambil inisiatif menjauh / mengambil jarak dalam berbicara.  Cara mudah mengetahui anda bau mulut adalah dengan meilhat postur lidah yang biasanya keputihan bersisik, menandakan banyak bakteri disitu, bakteri Solobacterium Moorei. Cara kedua; jilat punggung telapak tangan, biarkan beberapa saat sampai rada kering, trus cium aromanya, bila berbau busuk menandakan anda menderita bau mulut.
     Tips cara mengatasi bau mulut tidak sedap :
            Banyak minum air putih.
            Gosok gigi teratur dan bersihkan lidah.
            Rawat gigi dan rutin check up ke dokter gigi.
            Menghindari makanan pemicu bau mulut
            Hindari kebiasaan merokok.
            Olahraga teratur
            Usahakan buang air besar rutin tiap hari minimal sekali
            Cukupi serat/buah dan sayuran.
            Rutin minum yogurt, vitamin c dosis tinggi.
            Gunakan obat yang mengobati bau mulut secara holistic (menyeluruh) dari sumber penyakit, obat kimia menggunakan kimia sintetis dikhawatirkan menimbulkan efek samping.
     
    2.    Radang Mulut
    Warna lidah menjadi pucat dan ada bercak kuning keputihan yang bisa dikeruk dengan mudah. Bercak tersebut akan menyebabkan rasa perih bila terkena makanan atau sikat gigi. Radang mulut ini disebabkan oleh infeksi jamur. Pengobatannya biasanya berupa tablet hisap antifungal.

    3.    Glossitis
    Lidah terasa sakit karena ada rekahan. Keadaan ini terjadi karena jaringan pelindung di permukaan lidah tidak terbentuk dengan sempurna. Pengobatannya biasanya berdasarkan penyebabnya. Misalnya, karena anemia atau kurang vitamin tertentu.

    4.    Infeksi virus herpes simpleks
    Adanya titik-titik berwarna kuning pucat di lidah, suhu tubuh tinggi hingga 38 derajat Celcius atau bahkan lebih. Kadang diiringi dengan rasa perih pada sekitar bibir yang diawali dengan lepuhan yang sangat sakit (lepuh selesma). Kalau daya tahan tubuh bagus, maka gejala ini akan hilang dalam beberapa hari. Tapi ada juga obat yang dapat dibeli di apotek agar proses penyembuhan berjalan lebih cepat.

     5.    Coxsackie virus
    Virus ini biasanya menyerang anak-anak. Selain mulut, ada juga titik-titik merah yang menyerang tangan dan kaki. Oleh karena itu, keadaan ini sering juga disebut sindrom tangan, kaki, dan mulut. Anak yang terserang virus ini bisa saja tidak mengalami demam atau menggigil. Tapi karena ini virus menular, maka anak harus diisolasi dari teman-teman bermainnya. Keadaan ini akan hilang dalam beberapa hari. Beri anak makanan tinggi protein dan istirahat cukup agar daya tahan tubuhnya meningkat.

     6.    Perih di mulut atau bibir sebagai indikasi penyakit lain
    Syphilis yang tertular akibat oral seks juga dapat menyebabkan mulut perih. Tapi keluhan ini akan hilang setelah beberapa hari. Bagaimana dengan rasa perih di mulut dan lidah dalam waktu lama (lebih dari 3 minggu)? Hal ini harus dianggap serius karena bisa saja rasa perih itu sebagai pertanda adanya kanker.

    7.    Gigi dan gusi yang kurang bersih
    Sariawan, infeksi, atau luka di mulut lainnya dapat juga menyebabkan bau busuk
    Mengkomsumsi bawang merah, bawang putih, Alkohol, Merokok, Gigi palsu yang tidak terawat.
    Untuk mendapatkan napas yang harum lakukanlah hal-hal di bawah ini:

    -       Kumur-kumurlah dengan air garam atau air daun sirih hangat
    -       Konsumsilah banyak sayuran hijau dan lalap-lalapan, seperti, daun kemangi dan daun kencur. Minumlah air putih yang cukup. Ludah yang kental dengan volume yang kurang akan menyebabkan bau mulut yang tak sedap.
    -       Gosoklah gigi setiap habis makan.
    -       Jangan biarkan karang gigi menumpuk.
  • 0 komentar:

    Diberdayakan oleh Blogger.

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    Bandung City, Indonesia

    EMAIL

    edestikarani@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 5006 9490

    LINE

    estides