Cooooooyyy!!!! liat nih arti warna-warna, mengasyikan sekaleee sumpah. Baca ya :))
Merah
Warna ini melambangkan keadaan psikologi yang, mendorong makin
cepatnya denyut nadi, menaikkan tekanan darah dan mempercepat
pernafasan. Warna ini berarti : kuat, berani, percaya diri, dan gairah.
Arti warna Merah adalah warna yang punya banyak arti,
mulai dari cinta yang menggairahkan hingga kekerasan perang. Warna ini
tak cuma memengaruhi psikologi tapi juga fisik. Penelitian menunjukkan
menatap warna merah bisa meningkatkan detak jantung dan membuat kita
bernapas lebih cepat.
Warna ini mempunyai pengaruh produktivitas, perjuangan, persaingan dan keberanian.
1.Merah Terang :
Warna ini melambangkan kekuatan kemauan atau cita-cita. Sifatnya :
Agresif, Aktif, Eksentrik. Pengaruhnya : Berkemauan keras, penuh gairah,
dominasi, jantan.
Kapan dipakai: Ini adalah warna yang dinamis dan dramatis. Bila
dipakai dalam dunia profesional memiliki kesan yang sangat kuat. Tapi
jangan gunakan baju merah saat wawancara kerja. “Warna ini bisa
menimbulkan konflik saat negosiasi,” kata Eisman. Kenakan warna merah
hanya sebagai aksen, misalnya kamisol merah yang dipadankan dengan
blazer abu-abu.
2.Merah Jambu :
Warna ini melambangkan cinta, kasih sayang, kelembutan romantisme,
dan feminim. Warna ini mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan,
menggemaskan dan jenaka. Warna yang disukai banyak wanita ini
menyiratkan sesuatu yang lembut dan menenangkan, tapi kurang bersemangat
dan membuat energi melemah.
Kapan dipakai: Bila ingin memberi kesan lebih sensual, jangan gunakan
warna ini, kata Eisman. Warna pink yang lembut cocok untuk acara kencan
yang romantis, bukan menggairahkan.
Catatan: Warna Merah kadang berubah arti jika dikombinasikan dengan warna lain.
BIRU
Warna ini melambangkan ketenangan yang sempurna. Mempunyai kesan menenangkan dan bias diandalkan.
“Biru memiliki
arti warna stabil karena itu adalah
warna langit,” kata Eisman. Meski langit kelabu dan akan hujan, kita
tahu di atas awan-awan itu warna langit tetaplah biru.
1.Biru Tua
Warna ini melambangkan perasaan yang mendalam. Sifatnya :
Konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa, integratif. Pengaruhnya :
Tenang, Bijaksana, Tidak Mudah Tersinggung, Ramai kawan.
2.Biru Muda
Warna ini melambangkan keanjalan dari cita-cita. Sifatnya : Bertahan,
Protektif, Tidak Berubah fikiran. Pengaruhnya : Keras Kepala, Teguh,
Sering Bangga Diri, Berpendirian tetap.
Respon Psikologi: Kepercayaan, Konservatif, Keamanan, Tehnologi, Kebersihan, Keteraturan.
Kapan dipakai: Biru tua lebih cocok untuk acara formal atau seragam,
sementara biru muda untuk yang sifatnya non formal. “Untuk memberi kesan
humor dan kreatifitas, cobalah campuran warna biru dan ungu,” kata
Eisman.
Catatan: Banyak digunakan sebagai warna pada logo Bank di Amerika Serikat untuk memberikan kesan “kepercayaan”
KUNING
Warna ini melambangkan kegembiraan, muda, gembira, dan imajinasi.
Warna kuning akan meningkatkan konsentrasi, itu sebabnya warna ini
dipakai untuk kertas legal atau post it. Kuning juga merupakan warna
persahabatan. Jadi Anda sudah bisa menebak jika si dia memberi mawar
kuning saat Valentine.Warna ini mempunyai sifat : Leluasa dan santai.
Berubah-ubah tapi penuh harapan, mempunyai cita-cita setinggi langit dan
semangatnya juga tinggi.
Kapan dipakai: Banyak orang yang kurang pede memakai warna ini karena
takut terlihat mencolok. Padahal warna kuning hadir dalam berbagai
variasi, mulai dari pastel hingga kuning cerah. Bila Anda tak nyaman
dengan busana warna ini, padankan dengan sesuatu yang Anda sukai,
misalnya tas bunga-bunga warna kuning.
HIIJAU
Warna ini memiliki
arti warna kesejukan,
keberuntungan, kesehatan keinginan, ketabahan dan kekerasan hati.
Mempunyai kepribadian yang keras dan berkuasa. Warna ini mempunyai sifat
: meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain.
Orang yang menyukai warna ini umumnya senang dipuji, senang menasihati
orang lain. Hijau melambangkan alam, kehidupan, dan simbol fertilitas.
Para pengantin di abad 15 menggunakan gaun pengantin berwarna hijau.
Respon Psikologi: Alami, Sehat, Keberuntungan, Pembaharuan.
Kapan dipakai: Warna hijau cocok dipakai untuk sore hari. Sedangkan hijau pastel cocok untuk siang hari.
Catatan: Warna Hijau tidak terlalu sukses untuk ukuran Global. Di
Cina dan Perancis, kemasan dengan warna Hijau tidak begitu mendapat
sambutan. Tetapi di Timur Tengah, warna Hijau sangat disukai
ABU-ABU
Warna ini menunjukkan
arti warna yang serius, bisa
diandalkan dan stabil. Tidak terang dan sama sekali bebas dari
kecenderungan psikologi. Warna ini cenderung neutral. Warna abu-abu
adalah warna alam. Di luar sana warna abu-abu merupakan warna yang
permanen, misalnya batu atau karang.
Respon Psikologi: Intelek, Masa Depan (kayak warna Milenium), Kesederhanaan, Kesedihan.
Kapan dipakai: ”Abu-abu adalah warna yang kuat dan praktikal,” kata
Eisman. Saat wawancara kerja, pilih busana warna ini untuk menunjukkan
Anda orang yang bertanggung jawab. Tapi bila warna ini dipakai dari atas
hingga ke bawah Anda akan dianggap orang yang membosankan. Beri
sentuhan warna lain, misalnya atasan bercorak, sepatu cantik, atau
anting-anting yang manis.
Catatan: Warna Abu abu adalah warna yang paling gampang/mudah dilihat oleh mata
HITAM
Warna ini mememiliki
arti warna elegan, kuat,
sophisticated, kehidupan yang terhenti dan karenanya memberi kesan
kehampaan, kematian, kegelapan, kebinasaan, kerusakkan dan kepunahan.
Hitam punya reputasi buruk. Warna ini dipakai oleh para penjahat di
komik atau film. Hitam juga melambangkan duka dan murung. Tapi, hitam
juga punya sisi lain, misalnya saja untuk menyatakan sesuatu yang abadi,
klasik, dan secara universal dianggap sebagai warna yang melangsingkan.
Kapan dipakai: Khawatir Anda akan memakai gaun dengan warna sama
dalam pesta? Tambahkan sedikit keceriaan, misalnya gunakan perona mata
cerah, kalung bebatuan, cat kuku warna merah, atau stiletto warna
silver. Warna hitam mudah dipadukan dengan aksesori jenis apa pun.
COKLAT
Warna ini seringkali menunjukan ciri-ciri : suka merebut, tidak suka
memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan
kebahagian masa depan.
Respon Psikologi: Tanah/Bumi, Reliability, Comfort, Daya Tahan.
Catatan: Kemasan makanan di Amerika sering memakai warna coklat dan
sangat sukses, tetapi di Kolumbia, warna Coklat untuk kemasan kurang
begitu membawa hasi.
UNGU
Warna ini adalah campuran warna merah dan biru yang melambangkan
sifat Gempuran Keras yang dilambangkan oleh warna biru. Perpaduan antara
keintiman dan erotis atau menjurus pengertian yang mendalam dan peka.
Sifatnya sedikit kurang teliti tetapi selalu penuh harapan.Respon
Psikologi: Spiritual, Misteri, Kebangsawanan, Transformasi, Kekasaran,
Keangkuhan.
Nahh segitu dulu yaaa, sekarang udah pada tau kan arti warna yang kamu suka? =))